leily ijolumut

leily ijolumut

Senin, 28 Maret 2016

Tugas Seroang Desainer Beserta Pendidikan dan Gaji



PENGERTIAN DESAINER

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Perancang atau desainer (bahasa Inggris: designer) adalah seseorang yang merancang sesuatu. Definisi yang terluas, kemungkinan diberikan oleh seorang psikolog bernama Herbert Simon: Everyone designs who devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred ones, artinya: "Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada menjadi lebih baik".

TUGAS SEORANG DESIGNER
Tugas designer  dimulai dengan menciptakan desain dasar. Desain busana awalnya dimulai dalam beberapa cara berbeda. Beberapa desainer membuat storyboard yang berisi sketsa ide-ide baru.
Perancang yang lain lebih memilih bekerja dengan boneka jahit (sewing dummy) dan mulai menggunakan berbagai potongan kain atau pakaian untuk menciptakan desain baru.
Selama fase proses kreatif ini, perancang busana berfungsi menerjemahkan visi yang awalnya hanya di pikiran, menjadi suatu hasil yang bisa dillihat secara visual.
Seringkali, desain awal terus disempurnakan seiring seorang desainer mendapatkan ide-ide baru.
Membawa sketsa atau model kasar untuk kemudian diberikan sentuhan yang lebih rinci adalah langkah berikut yang harus dilakukan oleh seorang perancang busana.
Hal ini dicapai dengan membuat apa yang biasanya dikenal sebagai toile. Toile merupakan model kasar desain, dijahit dari beberapa bahan dasar, seperti belacu.

JALUR PENDIDIKAN SEORANG DESIGNER

MENJADI desainer andal tidaklah semudah yang dibayangkan. Lulus dari sekolah mode, impian menjadi perancang tak begitu saja langsung tercapai. Agar tak menjadi desainer karbitan, diharapkan siswa sekolah mode menimba ilmu sementara waktu di industri fesyen sebagai bekal awal.
Ketua Umum Pusat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) menyarankan sebaiknya para lulusan sekolah mode jangan dulu untuk membuat lini merek mereka sendiri. Sebaliknya, carilah pengalaman dengan bekerja pada orang fesyen atau industri.
GAJI SEORANG DESIGNER

Jenis Pekerjaan
Tahun Pengalaman
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah)
Kurang dari 5 tahun 
5 – 10 tahun
Lebih dari 10 tahun 
(dalam Rupiah)
(dalam Rupiah)
(dalam Rupiah)
Perancang designer
1.639.246
1.809.836 – 2.358.053
3.091.438 – 4.198.118
> 4.391.349

Karena pekerjaannya yang kompleks, membutuhkan waktu dan ketekunan yang tinggi, tidak heran apabila gaji yang didapat oleh perancang grafis seharusnya tergolong besar. Akan tetapi, seperti yang ada dalam hasil survey Gajimu, gaji yang didapat perancang grafis tergolong kecil. Maka dari itu banyak perancang grafis Indonesia sekarang beralih menjadi pekerja freelance, dikarenakan gaji yang dihasilkan jauh lebih besar dibanding menjadi pekerja tetap di sebuah perusahaan.
 
 

Tidak ada komentar: