KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kehadirat Tuhan YME, sebagai pencipta atas segala kehidupan yang
senantiasa memberikan rahmat sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah
ini.
Dalam
kesempatan ini, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih dengan hati yang
tulus kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini
semoga Tuhan senantiasa membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.
Kami
menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena
itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
guna perbaikan di masa yang akan datang. Harapan kami semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi semua pihak.
DAFTAR
ISI
HALAMAN
SAMPUL
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Permintaan dan Penawaran
2.2
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
2.3 Harga
Pasar
BAB 3 PENUTUP
3.1
Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Di dalam kehidupan ekonomi sehari-hari
selalu terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling
mempengaruhi. Dalam ilmu ekonomi kata permintaan dan penawaran sudah tidak
asing lagi bagi kita, akan tetapi pengetahuan kita akan pengertian dua kata
tersebut masih sangat minim. Bahkan kebanyakan dari kita hanya bisa
mengucapkannya saja.
Bisa di jelaskan secara singkat bahwa :
Permintaan : Jumlah barang yang di minta oleh konsumen pada
saat membeli suatu barang tertentu dengan jumlah tertentu dalam waktu tertentu.
Penawaran : Adalah banyak nya barang yang di tawarkan atau
disediakan oleh produsen dan distributor kepada konsumen
1.2
Rumusan Masalah
a. Apa definisi dari permintaan dan penawaran ?
b. Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran ?
c. Bagaimana harga pasar dalam permintaan dan penawaran
?
1.3
Tujuan
a. Agar mahasiswa mengetahui definisi dari permintaan
dan penawaran
b. Agar mahasiswa mengetahui factor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
c. Agar mahasiswa mengetahui harga pasar dalam
permintaan dan penawaran
BAB
2
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah jumlah barang
atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
sosial dalam suatu pasar ekonomi.
Penawaran adalah jumlah barang
atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka
memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
B. Hukum
Permintaan dan Penawaran
Hukum permintaan adalah makin
tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan
sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang
diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga
ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan
penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.
Hukum penawaran adalah makin
tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para
penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang
yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga
ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran
menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas
ekulibrium
Kurva permintaan adalah
suatu kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan
jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat
berdasarkan data riil di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada
berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk table.
Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan
titik-titik pada tingkat harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kurva
penawaran
bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan
bahwa jika harga barang tinggi, para penjual atau produsen akan menjual dalam
jumlah yang lebih banyak. Di bawah ini gambar kurva permintaan dan penawaran
dengan data yang ada.
2.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
dan Penawaran
A. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Permintaan
1. Perilaku
Konsumen atau Selera Konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang
beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan
dan Harga Barang Sejenis Pengganti dan Pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka
meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan
atau Penghasilan Konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli
banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka
seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang
beli.
4. Perkiraan
Harga di Masa Depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan
menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya
atau Intensitas Kebutuhan Konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk
masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan
belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan
sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
B. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Penawaran
1. Biaya
produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi
maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal
karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku
terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya
produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan
Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan
sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan
marjin keuntungan yang besar
sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin
produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
1. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih
tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan
konsumen yang turun.
2. Ketersediaan
dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang
murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga
terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
3. Prediksi
/ perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan
akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa
menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
2.3
Harga Pasar
1. Pengertian
Harga
Istilah harga biasa digunakan dalam kegiatan tukar
menukar. Untuk menyatakan harga sesuatu barang digunakan satuan uang. Dengan
demikian Pengertian Harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan
dalam satuan uang. Tidak setiap barang memiliki harga, hanya barang ekonomi
sajalah yang memiliki harga sebab untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan
yang menyebabkan adanya penawaran adalah faktor kelangkaan atau kejarangan.
Sehingga barang itu memiliki harga karena barang itu di satu pihak berguna dan
di pihak lain barang itu jumlahnya terbatas atau langka. Sesuai dengan
istilahnya, disebut hanya keseimbangan sebab pada harga tersebut akan terjadi
keseimbangan antara jumlah barang yang diminta (dibeli) dengan barang yang
ditawarkan (dijual). Hanya keseimbangan itu terjadi karena adanya interaksi antara pembeli dengan mengadakan permintaan dan penjual dengan mengadakan penawaran di pasar.
1. Harga
Keseimbangan
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga
ekuilibriumadalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan
dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar
merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di
mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika
keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan
lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan
harga. Untuk menentukan keadaan keseimbangan pasar kita dapat menggabungkan
tabel permintaan dan tabel penawaran menjadi tabel permintaan dan penawaran.
Keadaan keseimbangan pasar dapat ditentukan dengan
menggabungkan kurve permintaan dan kurve penawaran menjadi kurve permintaan dan
penawaran. Keadaan keseimbangan dapat pula ditentukan secara matematik, yaitu
dengan memecahkan persamaan permintaan dan persamaan penawaran secara serentak
atau simultan.
BAB
3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Hukum permintaan
dalam ekonomi menyebutkan makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah
barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak
jumlah barang yang diminta. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku
pada saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul fitri. Meskipun
harga-harga melangit, masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi
kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan.
3.2 Saran
Berdasarkan
kesimpulan yang telah dijelaskan sebelumnya,sebaiknya para penjual tidak
memainkan harga dan sengaja “membuat” suatu barang terlihat langka sehingga
membuat masyarakat merasa terbebani dengan kenaikan harga mendadak seperti
contohnya daging sapi,cabai dan kebutuhan lainnya.Pemerintah juga sebaiknya
lebih memperhatikan adanya kecurangan dalam pendistribusian barang-barang
sehingga tidak terjadi penimbunan barang yang dapat mengakibatkan kenaikan
harga.
DAFTAR
PUSTAKA
Adiwarman Karim; Ekonomi Mikro Islami.
IIIT Indonesia. Jakarta. 2003 Press. Jakarta. 2001
T. Gilarso SJ ; Pengantar ilmu Ekonomi
Mikro. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 2003
Rahardja dan Manurung; Uang,
perbankan dan ekonmi moneter. Fakultas Ekonomi UI. Jakarta. 2004.
N. Gregory Mankiw; Principle of
Microeconomics. jilid 1. edisi terjemahan. Erlangga. Jakarta. 1998.
Syafi’i Antonio; Bank Syariah Dari
Teori Ke Praktek. Gema Insani Press. Jakarta. 2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar